Selasa, 22 Desember 2009

Makalah tentang MYOB

Bab 1
Pendahuluan


Pengertian MYOB

MYOB merupakan kependekan dari Mind Your Own Business. Program aplikasi komputer yang di gunakan sebagai aplikasi otomatis pembukuan yang mudah dan mampu menampilkan laporan keuangan secara lengkap, cepat dan akurat.
Program ini di buat oleh MYOB Limited Australia. Myob Limited merekomendasikan MYOB Accounting dapat di terapkan pada 105 jenis perusahaan, sehingga dapat di komputerisasikan pada proses akuntansi bisnis dengan menggunakan Accounting Plus.
MYOB Accounting adalah sebuah software akuntansi yang diperuntukkan bagi usaha kecil menengah ( UKM ) yang dibuat secara terpadu (integrated software ).
Beberapa alasan yang menjadi pertimbangan untuk mempertimbangkan software ini sebagai tool yang membantu proses pekerjaan akuntansi ada supaya menjadi lebih cepat dan tepat adlah sebagai berikut :
1. Mudah digunakan
Dengan tampilan menu dan aliran transaksi yang sederhana dan mudah di ingat,MYOB mudah dimengerti oleh orang awam yang tidak mempunyai pengetahuan mendalam tentang komputer dan akuntansi.
2. Tingkat keamanan yang cukup valid untuk setiap pemakai ( user ).
3. Kemampuan eksplorasi semua laporan ke program excel tanpa melalui proses ekspor/impor file yang merepotkan.
4. Dapat diaplikasiakn untuk 105 jenis perusahaan yang telah direkomendasikan.
5. Menampilkan laporan keuangan komparasi ( perbandingan ) serta menampilkan analisis dalam bentuk grafik.
MYOB Acccounting V 13 di lengkapi dengan delapan modul yang di tunjukkan dengan beberapa fungsi yang terdapat di commad centre, yaitu :
1. Account, adalah komponen utama aktivitas sistem akuntansi peusahaan dan merupakan ringkasan dari seluruh aktivitas perusahaan tersebut.
2. Banking, berfungsi untuk memasukkan transaksi-transaksi penerimaan, pengeluaran kas serta merekonsiliasi rekening koran dengan akun-akun bank pada buku besar.
3. Sales, berfungsi untuk mencatat aktivitas- aktivitas penjualan, pembayaran pelanggan, dan penerbitan laporan-laporan yang terkait.
4. Purchase, berfungsi untuk mencatat aktivitas-aktivitas pembelian, pembayaran kepada pemasok.
5. Time Billing, berfungsi untuk mendefinisikan aktivitas-aktivitas, mencatat slip-slip aktivitas, menyiapkan faktur tagihan untuk aktivitas akuntansi yang dapat di bebankan.
6. Inventory, berfungsi untuk mencatat aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan pemeliharaan item-item persediaan.
7. Payroll, berfungsi untuk mencatat transaksi penggajian karyawan atau pegawai meliputi perhitungan gaji pokok dan bonus.
8. Card File, berfungsi untuk membuat, mencari, menampilkan, mengubah, dan mengelompokkan catatan individu, perusahaan dan lembaga tersebut.

Bab II
Fitur yang disediakan MYOB
MYOB dibuat sebagai gabungan beberapa modul yang disajikan dalam satu paket.Beberapa modul ( fitur ) gabungan oleh MYOB Accounting yang kemudian digabung salah satu form yang disebut dengan Command Centre, adalah sbb :
1. Account
Terdiri dari :
- Account List
- Record Journal Entry
- Transaction Journal

2. Banking
Terdiri dari :
- Spend Money
- Receive Money
- Prepare Bank
- Deposit
- Bank Register
- Reconcile Account
- Print Cheque
- Transaction Journal

3. Sales
Terdiri dari :
- Sales Register
- Enter Sales
- Received Payment
- Transaction Journal
- Print Invoice
- Print Statment
4. Purchase
Terdiri dari :
- Purchase Register
- Enter Purchase
- Pay Bill
- Print Cheque Order
- Print Cheque
- Prepare Electrinic
- Payment
- Transaction Journal
5. Inventory
Terdiri dari :
- Item List
- Set Item List
- Count Inventory
- Tranfer Inventory
- Adjust Inventory
- Auto Build Inventory
- Transaction Journal
6. Card File
Terdiri dari :
- Card List
- Contac Log
- Print Mailing Labels
Bab III
MYOB pada Perusahaan Jasa
Pada Perusahaan Jasa MYOB bisa menggunakan satu kasus saja, yang nantinya dapat digunakan lagi di Kasus yang kedua,yang sering disebut dengan Expor & Impor data.

Tetapi pada kasus kedua, harus ada perkiraan yang ditambah dan diganti.
Jurnal yang dipakai juga masih menggunakan jurnal biasa,tidak seperti yang dilakukan pada perusahaan dagang.

Dalam perusahaan jasa juga didapatkan adjusment pada akhir periode.
Bab IV
Langkah-langkah pada Program MYOB
Langkah - Langkah program MYOB

1. Buka program MYOB, lalu klik Create

2. Buat nama perusahaan yang akan dibuat , lalu klik Next saja
3. Buat Periode akuntansi
Last Month of Financial : Bulan Desember
Conversion Month : Bulan Januari
4. Muncul dat yang telah kita buat tadi, Next saja

5. anda akan diberikan 3 pilihan
- Pilihan I : Menggunakan Perkiraan dari MYOB
- Pilihan II : Menimpor dari perkiraan perusahaan lain
- Pilihan III : Membuat sendiri perkirannya

6. Standarnya pilih saja no. 1 , Lalu Next

7. Pilih tempat penyimpanan data anda, setelah itu Next

8. Kemudian Pilih Command Center

9. Setelah itu akn muncul lembar kerja anda
Bab V
Kesimpulan Dan Saran
Myob Accounting adalah aplikasi akuntansi yang populer saat ini. MYOB Accounting memfokuskan pada perusahaan jasa dan dagang disamping jenis perusahaan yang lain pun bisa juga diterapkan. Paling cocok aplikasi ini diterapkan pada perusahaan menengah kebawah, untuk perusahaan besar rasanya tidak memadai, karena biasanya perusahaan besar jumlah transaksinya sangat komplek sehingga biasanya mempunyai program yang dirancang sendiri sesuai dengan kebutuhan perusahaan tersebut.
DAFTAR PUSTAKA
http://myobaccountingv13.blogspot.com/2009/03/belajar-mudah-myob-accounting-v-13.html
http://google.com

0 Komentar:

Poskan Komentar

Berlangganan Poskan Komentar [Atom]

<< Beranda